Rasa mual bahkan sampai muntah merupakan hal yang sering dialami ibu hamil terutama hamil muda, padahal ibu hamil harus cukup makan untuk kesehatannya dan janin yang dikandungnya, oleh karena itu mengatasi mual saat hamil di rasa sangat perlu dan penting sekali. Saat seorang ibu sedang hamil, maka ia tidak hanya membutuhkan nutrisi untuk dirinya sendiri, tetapi juga nutrisi untuk janin yang dikandungnya. Kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil lebih banyak karena janin dalam kandungan juga sangat membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan tumbuh normal. Itulah sebabnya wanita yang hamil “diwajibkan” untuk selalu menjaga kesehatan tubuhnya dan mencukupi kebutuhan nutrisi. Rasa mual dan muntah memang wajar dialami oleh ibu yang sedang hamil muda, yaitu pada trisemester awal (1-3 bulan kehamilan awal) yang dikarenakan meningkatnya hormon estrogen. Jika ibu hamil sudah merasakan mual biasanya dibarengi dengan pusing, dan hal yang paling diinginkan adalah istirahat / tiduran saja dan tidak ingin melakukan aktivitas lain, karena memang tubuh akan menjadi lemas dan lelah. Jika kondisi ini berlangsung secara terus-menerus maka anda dan calon bayi anda akan kekurangan nutrisi. Selain itu pekerjaan yang seharusnya bisa anda kerjakan menjadi terbengkalai.

Berikut cara aman mengatasi mual muntah saat hamil :

  1. Mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang sedikit namun sering, karena jika Ibu hamil mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar maka hal itu akan menambah rasa mual dan muntah Anda.
  2. Mengkonsumsi gizi seimbang. Untuk mengurangi rasa mual, Ibu bisa mengonsumsi makan-makanan yang tinggi karbohidrat seperti, kentang, biskuit, roti, ubi-ubian, singkong dan sebagainya. Dan saat nafsu makan bertambah , Ibu dapat menambahnya dengan menu sayuran yang berkuah hangat seperti sup dan sayur bening (daun ubi, daun bayam, daun katuk, dll). Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan segar atau jus buah, seperti mangga, pepaya, pisang, tomat, melon, dll. Untuk lebih mengurangi rasa mual, sebaiknya memilih makanan yang mengandung vitamin B6. Vitamin ini memiliki sifat anti mual. Contoh jenis makanan yang mengandung vitamin B6 adalah jamur, hati, ikan, daging, kentang, gandum, ragi, kacang-kacangan, pepaya, pisang, sirup, tebu, dan sebagainya.
  3. Konsumsi jahe. Jahe adalah salah satu obat tradisional yang kaya akan manfaat, salah satunya untuk menghilangkan rasa mual saat hamil. Anda bisa mencampurkan jahe dalam segelas teh untuk menambah kenikmatan. Rasa hangat dari jahe akan menghilangkan rasa mual sedikti demi sedikit, tetapi jangan sampai anda mengkonsumsi jahe secara berlebihan. Sedikit jahe saja sudah cukup untuk menghilangkan rasa mual.
  4. Istirahat yang cukup dan hindari stres. Istirahat dan rileks bisa membantu ibu mengatasi rasa mual dan muntah. Karena saat Ibu mengalami stres dan lelah, ini hanya akan memperburuk rasa mual. Pastikan Ibu beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, membaca buku atau majalah tentang bayi. Dan apabila Ibu bekerja, tidak ada salahnya untuk mengambil cuti beberapa hari agar beban pekerjaan tidak semakin meningkatkan perasaan stres. stres merupakan salah satu kondisi yang bisa mengganggu kehamilan. Ibu sebaiknya selalu berpikir positif dan berusaha untuk tetap memenuhi nutrisi yang cukup pada janin.
  5. Minum juice atau air putih yang cukup, selain dapat mengatasi mual dan muntah juga dapat menghindari dehidrasi akibat muntah yang berlebihan.
  6. Rasa pedas serta makanan makanan yang berminyak, berlemak dapat membuat rasa mual semain meningkat, sehingga harus benar benar di jauhkan dari ibu yang sednag mangalami hamil muda.

Itulah beberapa cara mengatasi mual dan muntah yang berlebihan pada masa kehamilan. Berusahalah selalu untuk menjaga kesehatan Anda dan Janin dalam kandungan dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Semoga Bermanfaat.

Cara Mudah Atasi mual dan muntah berlebih saat hamil (2)