Masalah berat badan disebabkan adanya timbunan lemak di tubuh. Timbunan lemak tersebut biasanya terjadi di sekitar lengan, leher, paha, dan sejumlah bagian tubuh lainnya. Namun biasanya, timbunan lemak dengan massa paling banyak adalah di sekitar perut. Timbunan lemak ini sebaiknya segera dikurangi. Selain untuk mengurangi berat badan dan memperbaiki penampilan, mengurangi penumpukan lemak sangat baik untuk menjaga stabilitas kesehatan tubuh. Menjaga pola diet sehat dan seimbang adalah hal pertama yang dilakukan untuk mengurangi timbunan lemak di tubuh. Melakukan segala upaya akan sia-sia apabila penderita tidak menjalankan diet sehat dan seimbang. Selain itu, penyebab utama obesitas (kegemukan) dan munculnya timbunan lemak adalah pola diet yang kurang sehat, tidak seimbang, serta tidak teratur. Untuk itu, hal ini perlu menjadi perhatian utama apabila penderita ingin mengakhiri masalah kegemukan dan timbunan lemak di tubuh.

Berikut beberapa cara mengurangi timbunan lemak di perut:

  1. Olahraga

Untuk mengurangi lemak perut dapat melakukan beberapa olahraga, antara lain sit-up, yaitu gerakan berbaring dengan lutut ditekuk membentuk segi tiga dengan kaki dan pangkal paha. Lalu secara berulang-ulang kepala dan badan dinaikkan hingga posisi seperti duduk di lantai. Apabila kesulitan mengangkat tubuh, dapat dengan bantuan seseorang untuk menahan kaki. Olahraga sit-up meningkatkan kerja otot perut ketika mengangkat beban tubuh, sehingga lemak di area perut dapat segera terbakar.

Olahraga lainnya yang dapat secara cepat mengurangi lemak di perut adalah dengan cara berbaring lurus, lalu kaki diangkat secara perlahan hingga tegak lurus dengan badan.

  1. Kurangi makan garam

Garam merupakan bumbu masakan yang memiliki kandungan natrium yang tinggi. Memakan banyak makanan asin dapat menyebabkan perut buncit. Hal ini dikarenakan garam mampu menarik air dalam jumlah yang besar sehingga dapat mengakibatkan retensi air

  1. Kurangi makan goreng-gorengan

Makanan yang di goreng bisa membuat tumpukan lemak di dalam tubuh karena jenis makanan ini dapat membuat melambatnya proses pencernaan. Mengurangi konsumsi asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengatasi perut buncit. Contoh makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yaitu minyak nakola, minyak biji rami, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak kedelai, dan biji-bijian seperti biji labu, dark chocolate dan kenari.

  1. Juz Lemon

Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau hanya ingin menyingkirkan lemak di perut, pastikan bahwa Anda rajin minum air hangat yang dicampur dengan perasan lemon di dalamnya. Ramuan ini dapat mendetoks tubuh dan juga membantu membakar timbunan lemak.

  1. Cukupi kebutuhan air harian Anda. Minumlah minimal dua liter sehari. Apabila tubuh kurang cairan, lemak juga tak akan bisa terbakar secara efisien.

Nah, demikianlah beberapa tips mengenai cara mengurangi timbunan lemak di perut serta meluruhkan lemak di perut. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi anda agar tetap sehat. Beragamnya cara untuk mengurangi timbunan lemak yang penting adalah kemauan anda dalam mengecilkan perut.

Cara-menghilangkan-lemak-di-perut