Makanan penambah darah yang dapat mencegah anemia sekaligus membantu anda dalam memenuhi nutrisi harian. Anda mengalami pusing, cepat lelah, letih dan lemas? Bisa jadi itu merupakan gejala kurang darah atau biasa disebut Anemia. Anemia bisa terjadi saat anda kurang memenuhi kebutuhan zat besi harian anda. Untuk menambah darah sekaligus menjaga keseimbangan nutrisi, anda memerlukan makanan yang mengandung zat besi. Pada dasarnya zat besi di dapat dari dua sumber makanan : hewan dan tumbuhan. Zat besi yang berasal dari hewani di kenal dengan besi heme dan di temukan dalam berbagai daging dan ikan. Sedangkan zat Besi dari tanaman ini dikenal sebagai besi nonheme, dan ditemukan dalam sayuran tertentu dan dalam makanan yang diperkaya zat besi seperti sereal. Besi heme lebih baik diserap oleh tubuh daripada zat besi nonheme.

Berikut beberapa makanan yang bisa untuk penambah darah :

  • Daging kambing. Daging kambing merupakan makanan penambah darah yang umum kita ketahui bersama. Daging kambing mengandung sejumlah nutrisi penting seperti zat besi, protein dan juga mineral penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita 
  • Kuning telur adalah salah satu makanan yang dapat menambah darah dalam tubuh anda karena di dalam kuning telur mengandung banyak kandungan seperti protein 10,8 gr, karbohidrat 0,7 gr, vitamin B20, vitamin B 10, zat besi, asam nikotenat, fosfor, kalsium, potasium, asam pantotenat, seng, dan sulfat. Zat besi dalam kuning telur sangat baik untuk merangsang sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat mengatasi anemia. Anda cukup mengkonsumsi 1 kuning telur dalam sehari dengan penyajian sesuai selera anda.
  • Sayuran adalah salah satu bagian dalam makanan empat sehat lima sempurna karena memang sayuran mempunyai kandungan serat dan gizi yang baik untuk tubuh anda. Meskipun tidak semua sayuran dapat menambah dara, namun tidak ada salahnya jika anda rutin mengkonsumsi sayuran dalam menu makan anda setiap hari. Di antara sayuran yang mampu menambah darah adalah bayam, daun ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Di antara makanan tersebut yang paling baik untuk menambah darah adalah daun ubi, karena ubi mengandung zat besi yang dapat merangsang sel darah merah untuk aktif dan menambah oksigen ke dalam darah.
  • Kacang Almond. Kacang almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga baik untuk menambah darah dalam tubuh anda. Di dalam 1 ons kacang almond dapat memenuhi 6% kebutuhan zat besi dalam tubuh. Jadi apa salahnya anda mengkonsumsi kacang almond jika anda merasakan gejala anemia.
  • Buah-buahan memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Selain mengandung vitamin yang beraneka ragam, buah-buahan juga dapat mengatasi anemia (kekurangan darah). Buah-buahan juga terbukti dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh anda karena mengandung zat besi, sehingga anda sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Buah-buahan yang dapat menambah darah di antaranya adalah apel, anggur, kismis, plum, melon, jeruk, dan masih banyak lagi.

Anemia dapat dialami oleh siapa saja yang kekurangan asupan nutrisi khususnya zat besi, jadi alangkah baiknya anda selalu menjaga pola makan teratur dengan kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat.

makanan-penambah-darah

Mebel Jepara Populer :

rak tv minimalis modern hitam putih