Periode kehamilan merupakan masa penting dimana seorang wanita, calon ibu bisa memberikan gizi terbaik bagi janinnya. Maka dari itu, seorang wanita hamil dituntut untuk mengkonsumsi makanan sehat demi kesehatan diri dan calon bayi sejak awal kehamilan sampai menjelang melahirkan. Tentunya tidak semua makanan baik untuk ibu hamil. Ada juga makanan yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan. Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran. Selain itu gangguan yang seringkali terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan. Padahal pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga dapat berkembang dengan baik.

Berikut beberapa makanan terbaik untuk ibu hamil :

  1. Telur

Seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward berkata bahwa telur adalah hal yang menakjubkan, dimana Anda mendapatkan banyak manfaat dalam satu telur dan itu hanya sekitar 90 kalori. Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk kehamilan. “Sel-sel bayi Anda tumbuh pada tingkat yang eksponensial, dan setiap sel terbuat dari protein,” jelas Ward. “Plus, sebagai wanita hamil, Anda memiliki kebutuhan protein sendiri.” Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan penglihatan. Adapun cap buruk telur adalah kolesterol, tidak dibenarkan oleh Ward. Ternyata bahwa makan lemak jenuh lebih bisa menimbulkan banyak dampak buruk pada kolesterol Anda daripada makan kolesterol yang ditemukan secara alami dalam makanan. Telur tinggi akan kolesterol, namun juga relatif memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, dengan sekitar satu setengah gram per butirnya. Sehingga wanita sehat dengan kolesterol darah normal dapat mengkonsumsi 1-2 butir telur sehari sebagai bagian dari diet seimbang rendah lemak jenuh.

  1. Ikan Salmon

Tidak hanya karena salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, tapi salmon juga merupakan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi pada salmon ini bagus untuk ibu hamil, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Bahaya ikan lainnya bagi ibu hamil adalah kandungan merkury yang tinggi, dimana bisa berbahaya dalam proses pengembangan system saraf bayi. Namun ingat, jangan makan salmon terlalu banyak, setidaknya dengan batas 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri itu.

  1. Daging Tanpa Lemak

Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi, carilah daging tanpa lemak atau lemak yang telah dipisahkan. Ketika membeli daging merah, sangat susah untuk mendapatkan daging yang bebas lemak. Jangan makan hot dog, meskipun, kecuali jika dagingnya dipanaskan dengan uap panas. Ada risiko kecil untuk dalam makanan seperti ini karena bisa menjadi perantara bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella pada bayi.

  1. Kacang-kacangan

Dengan mengkonsumsi kacang akan memberikan banyak manfaat untuk wantia hamil. Dari semua jenis kacang, buncis adalah salah satu yang terbaik dibandingkan dengan yang lainnya karena serat dan proteinnya paling banyak jika dibandinkan dengan jenis kacang – kacangan yang lainnya. Protein adalah zat yang paling penting untuk kehamilan anda, namun serat juga merupakan zat yang penting untuk wanita hamil selama sembilan bulan karena pada masa hamil saluran pencernaan sudah melambat dan bisa menyebabkan resiko adanya sembelit, nah serat lah yang bisa mengatasi hal ini. Selain itu buncis juga memiliki banyak zat yang sangat bagus untuk pertumbuhan janin seperti folat dan kalsium.

  1. Ubi Jalar

Siapa sangka ubi jalar juga bisa menjadi makanan sehat untuk anda para ibu hamil. Dalam ubi jalar ada warna oranye yang mempunyai kandungan karotenoid yang banyak mengandung vitamin A dalam tubuh kita. Selain itu ubi jalar juga mempunyai kandungan lainnya yang sangat membantu kesehatan bayi anda seperti serat, vitamin C dan juga folat sebagai tips makanan untuk ibu hamil. Apalagi ubi jalar merupakan salah satu tanaman yang mudah untuk ditanam, jadi anda bisa menanam dipekarangan rumah anda untuk mendapatkan hasil tanpa harus membuang banyak uang.

  1. Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk para ibu hamil. Sayur memberikan banyak manfaat untuk ibu hami karena mengandung nutirisi, seperti vitamin A,C, dan juga K serta folat. Sayuran hijau yang paling bagus adalah sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam, selain bagus untuk kesehatan bayi dalam perut anda sayuran juga sangat bagus untuk kesehatan mata anda.

  1. Mengkonsumsi Walnut

Tidak suka ikan atau telur, tapi masih ingin mendapatkan omega-3 yang sangat penting untuk pertumbuhan otak bayi Anda? Coba walnut, ini adalah salah satu sumber nabati omega-3 terkaya. Sejumlah walnut adalah pilihan yang cocok untuk snack atau bahan salad.

  1. Biji-bijian lainnya

Popcorn adalah gandum. Seluruh butir penting dalam kehamilan karena gandum tinggi serat dan nutrisi, termasuk vitamin E, selenium, dan fitonutrien – tanaman senyawa yang melindungi sel-sel. Bukan hanya popcorn. Ada banyak biji-bijian lain di luar sana, dari oatmeal untuk roti gandum sampai untuk gandum.

Dengan delapan makanan sehat untuk ibu hamil diatas anda juga tetap diharuskan untuk menjaga kesehatan anda dengan benar. Karena ketika ibunya sehat bayi didalam perut juga akan merasa sehat. Sekian tulisan tentang makan yang baik untuk ibu hamil dan kami berharap untuk bisa menghindari makanan yang tidak baik untuk ibu hamil.

makanan-ibu-hamil