Salah satu hewan yang merusak kayu adalah rayap. Rayap adalah binatang pemakan kayu yang hidupnya dibawah tanah. Rayap, seperti semut hidup berkelompok, dan bisa memakan kayu secara berkelompok pula. Jika kayu dimakan, kayu akan berlubang-lubang, termasuk mebel kayu akan berlubang dan rapuh. Fungsi mebel jelas berkurang, tidak cuma keindahannya maupun fungsinya. Keberadaan rayap pada awalnya tidak mengganggu, karena anda tidak tahu keberadaannya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, rayap akan sangat mengganggu karena mereka memakan perabot-perabot kayu, kusen-kusen kayu dan plafon-plafon kita yang berbahan dasar kayu. Seringkali ketika kita sadar akan adanya serangan rayap, itu sudah sangat terlambat. Kayu-kayu plafon, kusen-kusen kayu, perabot-perabot kita sudah keropos. Yang ada kita harus ganti plafon dan kusen dengan kayu baru. Perabot-perabot juga harus beli baru, karena sudah tidak layak pakai. Uang yang kita keluarkan juga jadi jauh lebih banyak daripada kita melakukan tindakan pencegahan terhadap serangan rayap sebelum rayap mendiami dan berkembang biak di dalam tanah rumah kita. Percayalah tindakan mencegah akan jauh lebih menguntungkan daripada membasmi rayap setelah dia menghancurkan rumah kita.

Berikut beberapa cara mencegah rayap datang ke rumah :

  • Hindari Lembab

Tempat yang lembap merupakan tempat kesukaan bagi rayap untuk berkembang biak. Karena itu usahakanlah tidak ada kebocoran dalam rumah anda, jika andai saja ada kebocoran di genteng atau saluran air, bersegeralah menambalnya, jangan biarkan terlalu lama.

  • Pilih Kayu yang benar

Pemilihan kayu yang akan dipakai sebagai kusen ataupun perabot lainnya merupakan langkah awal pencegahan terhadap rayap. Ada dua jenis kayu yang sangat saya sarankan untuk dipakai untuk menghias interior rumah kita, yaitu kayu Jati dan kayu Merbau. Kedua kayu ini sangat tidak disukai rayap. Kayu Jati tidak disukai rayap karena sifatnya yang keras membuatnya sulit dimakan rayap. Sedangkan kayu merbau mengeluarkan bau yang khas yang tidak disukai rayap, apalagi kayu merbau juga mengandung zat yang bersifat racun bagi jamur dan rayap.

  • Mengenali tanda-tanda serangan rayap

Sangat penting untuk mengenali serangan rayap, dan sesegera mungkin melakukan penanganan sebelum rayap berhasil merusak perabot kayu kita. Tanda-tanda serangan rayap dapat berupa serpihan-serpihan kayu dan lubang dimana-mana, ada semacam gumpalan-gumpalan kecil seperti lumpur menempel di kayu. Selain kedua hal tadi, gejala lain yang menunjukkan serangan rayap adalah kemunculan laron. Perlu diketahui bahwa laron adalah rayap dewasa yang keluar ketika hendak berkawin

rayap

Mebel Jepara Populer :

cara menghilangkan bubuk kayu pada lemari, cara menghilangkan teter pada kayu, cara membasmi bubuk kayu, penyebab lemari tv di makan rayap, menambal kayu yang dimakan teter, membasmi rayap pemakan kayu di kusen, cara supaya kursi jati tidak bubukan, cara agar kayu tidak dimakan bubuk, cara menghilangkan bubuk kayu, cara mengatasi kayu dimakn bubuk, cara mengatasi bubuk pada lemari kayu, cara mencegah kesehatan kursi kayu dari hewan teter, tortor pemakan kayu