Bagi ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam urusan memilih jenis makanan, karena ibu hamil memiliki pantangan makanan yang harus dihindari selama kehamilan yang bertujuan agar janin dan ibunya selalu sehat sampai lahir. Mungkin saja ada beberapa jenis makanan yang biasa anda makan sebelum hamil merupakan pantangan makanan saat hamil. atau mungkin beberapa makanan tersebut tidak menjadi pantangan bahkan malah di anjurkan. Sebagai wanita yang sedang mengandung janin, tentunya Anda ingin agar si jabang bayi selalu sehat hingga sampai saatnya melahirkan. Anda tentu tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada bayi Anda karena kurangnya pengetahuan tentang kehamilan. Nah, setelah kemarin Anda mengetahui makanan dan nutrisi yang dianjurkan selama kehamilan, kali ini Anda perlu juga mengetahui makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya dihindari selama kehamilan.

Berikut beberapa pantangan makanan bagi ibu hamil :

  1. Makanan Mentah

Makanan mentah yang berasal dari hewan dan sayuran memiliki resiko tinggi memicu gangguan kesehatan. Makanan dari ikan mentah seperti sushi, daging setengah mateng dan adonan kue yang masih mentah mengandung bakteri, virus, dan parasit yang lebih banyak sehingga mengganggu perkembangan janin anda. Apalagi jika diusia kandugan yang masih muda masih rentan terhadap keguguran. Sayuran mentah seperti kecambah mentah memiliki resiko bakteri yang lebih tinggi dibanding dengan sayuran lainnya. Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan tersebut dengan memasak matang untuk menghindari resiko kesehatan.

  1. Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman ringan, minuman energi, dan lain-lain merupakan minuman pantangan bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan resiko keguguran, berat lahir rendah. bahkan dalam kasus yang parah akan mengakibatkan kematian saat lahir.

  1. Minuman Beralkohol

Ibu hamil dilarang mengkonsumsi minuman yang ber-alkohol, karena alkohol dapat merampas oksigen adan nutrisi yang dibutuhkan sel tubuh, mencegah perkembangan janin normal. Alkohol juga mempengaruhi kemampuan intelektual dan perubahan fisik yang permanen. Menurut CDC tidak ada tingkat konsumsi alkohol yang di kenal aman untuk usia kehamilan.

  1. Rokok

Sudah jelas terpapang dalam kemasan produk rokok yang tertulis ” merokok dapat menyebabkan gangguan kehamilan yang membahayakan janin ” sehingga rokok sangat harus di hindari oleh ibu hamil.

  1. Keju dan Produk Susu lainnya

Produk dari susu mentah atau belum dipasteurisasi (dipanaskan sampai suhu 60°C selama 30 menit untuk membunuh bakteri) bisa mengandung sejumlah kuman, yaitu Listeria, Salmonella, E. coli, dan lain-lain, yang menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Demikianlah beberapa Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil yang bisa saya informasikan, yang semoga saja bisa membantu anda para ibu hamil agar bisa menjaga kesehatan bayi dalam kandungan dengan baik sehingga kelak bayi anda akan lahir dengan normal dan sehat. Dan juga ibu akan tetap mendapatkan kondisi tubuh yang sehat dan kuat sehingga bisa melewati proses melahirkan dengan lancar.

hamil-makanan130509b-52691_630x210